KAI melakukan kerja sama pelatihan guna meningkatkan Good University Governance dengan UNISMA

Kantor Audit Internal Universitas Gadjah Mada (KAI UGM) telah melakukan kerja sama dengan Universitas Islam Malang (UNISMA) dengan judul kegiatan Meningkatkan Good University Governance melalui pelatihan bagi Auditor Internal Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Islam Malang yang dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 8 September 2022 di Gedung Rektorat UNISMA. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama bagi KAI yang dilakukan secara luring/tatap muka, karena sebelumnya kegiatan serupa pada masa pandemi dilakukan secara daring.

Acara pelatihan SPI UNISMA dibuka oleh Rektor UNISMA Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si. Narasumber yang ditugaskan dari KAI UGM adalah Zulkifli, S.E., M.Acc., Eko Yulianto, S.E., M.Acc., dan Muhammad Angga Erlangga, S.T. Adapun materi yang menjadi topik pembahasan dalam pelatihan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tata Kelola perguruan tinggi;
  2. Peran SPI dalam perguruan tinggi;
  3. Perencanaan penugasan, penentuan objek, dan penetapan tim audit;
  4. Penyusunan program dan kertas kerja;
  5. Teknik pengumpulan dan pengelolaan data;
  6. Penyusunan laporan dan monitoring tindak lanjut audit;
  7. Reviu laporan keuangan dan audit pengadaan barang/jasa; dan
  8. Simulasi (role play) proses pelaksanaan audit.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi auditor dari SPI UNISMA dan sebagai wadah untuk sharing ilmu dan pengalaman, serta silaturahmi antara auditor KAI UGM dan SPI UNISMA.

Kegiatan tersebut ditutup oleh Rektor UNISMA, beliau menyampaikan harapan agar pelatihan ini sebagai awal kerja sama yang baik antara SPI UNISMA dengan KAI UGM guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi auditor internal di masing-masing Perguruan Tinggi.

Leave A Comment